Laman

Wednesday, June 1, 2011

MONUMEN PERANG DUNIA 2

 MONUMEN PD 2

Monumen Perang Dunia II ini dibangun atas kerja sama pemerintah Indonesia dan Jepang pada tanggal 24 Maret 1994, sebagai peringatan kepada setiap umat manusia atas kekejaman perang, dengan segala bentuk akibatnya agar tidak pernah terulang lagi.

Arsitektur monumen yang dirancang oleh Hiroshi Ogawa ini sangat unik dan mengandung banyak arti melalui simbol bangunannya. Sebuah lekukan menyerupai cangkang keong menjadi pelindung bagi 3 set meja lengkap dengan tempat duduknya, didepannya berbaris secara simetris dan teratur dua belas balok marmer, serasa mengawal kita membaca tulisan dalam bahasa indonesia, inggris dan jepang di monumen ini.

Terdapat sebuah lorong kecil berkelok tepat disamping monumen ini, untuk memasukinya anda harus melewati pintu kecil yang tidak setiap waktu terbuka. Dulunya lorong kecil tersebut adalah gua alam, yang berfungsi sebagai tempat persembunyian tentara Jepang saat diserang oleh tentara sekutu pada tahun 1994.

Setiap tahun pada musim liburan, selalu ada warga Jepang yang datang berombongan ke Biak Numfor khusus untuk mendoa
kan arwah para prajurit Jepang yang gugur dalam pertempuran. Biasanya mereka datang berdoa pada malam hari dengan membawa lilin.

No comments:

Post a Comment