Laman

Tuesday, November 6, 2012

JENIS SENSUS DAN SURVEY

                    Badan Pusat Statistik adalah Lembaga Pemerintahan Non-Departemen yang bertanggung jawab kepada Presiden. Berdasarkan undang undang UU Nomor 16 tahun 1997, peranan yang harus dilakukan Badan Pusat Statistik  sebagai lembaga pencacahan yang independent memiliki dua program setiap tahunnya yaitu survey dan dalam jangka waktu beberapa tahun sekali akan dilakukan sensus.
Sensus adalah cara pengumpulan data yang dilakukan melalui pemcacaham semua unit populasi di seluruh wilayah Republik Indonesia untuk memperoleh karakteristik suatu populasi pada saat tertentu dan dalam waktu tertentu. Sensus dilakukan dalam suatu ruang lingkup yang besar sehingga memerlukan waktu yang lebih lama dan tenggang satu sensus ke sensus yang lain pun lama dan memerlukan biaya yang lebih besar karena data ini sangat akurat dan dapat di pertanggung jawabkan.
Didalam BPS terdapat banyak jenis sensus, diantaranya :
1.    Sensus Penduduk
Sensus penduduk adalah cara pengumpulan data yang dilakukan melalui pencacahan seluruh penduduk yang bertempat tinggal atau berada di wilayah Republik Indonesia untuk memperoleh karakteristik penduduk pada saat tertentu. Sensus penduduk dilakukan pada tahun yang berakhiran 0, Pencacahan dalam sensus penduduk dilaksanakan untuk mengumpulkan karakteristik pokok dan rinci terhadap seluruh penduduk.Karakteristik pokok dan rinci sebagaimana dimaksud dalam ayat mencakup karakteristik tentang penduduk, perumahan dan lingkungannya, dan karakteristik lain yang termasuk dalam lingkup statistik dasar bidang kependudukan. Sensus penduduk ini penting bagi Indonesia karena dapat menentukan kebijakan yang dilakukan oleh istana agar masalah kependudukan tidak menjadi buruk dan dapat ditangani secara optimal dan efisien. Selain untuk melihat dan merancang bagaimana pemerintah menyiapkan solusi buat permasalahan kependudukan yang akan dihadapi oleh pemerintahan Indonesia mendatang juga untuk melihat bagaimana pertumbuhan penduduk yang akan terjadi di masa datang dan cara mencegah pertumbuhan tersebut. Sensus penduduk juga bisa melihat margin antara laki laki dan perempuan sehingga dapat mengetahui perkiraan perkembangan di masa depan

2.    Sensus Pertanian
Sensus pertanian adalah cara pengumpulan data yang dilakukan melalui pencacahan seluruh petani, rumah tangga pertanian, dan perusahaan pertanian di wilayah Republik Indonesia untuk memperoleh karakteristik pertanian pada saat tertentu. Sensus pertanian di lakukan di tahun yang berakhiran 3 dan akan di lakukan tahun depan. Sensus Pertanian sangat di perlukan mengingat negara Indonesia adalah negara agraris dan perlu mengembangkan dengan pesat pertanian di Indonesia. Sekarang ini Indonesia sangat membutuhkan rencana untuk mengembangkan perekonomian yang saat ini banyak melakukan impor pangan, hal ini sangat ironis melihat betapa luas lahan yang dimiliki oleh Indonesia akan tetapi belum di optimalkan dan masih menjadi lahan kosong yang tak produktif. Dengan di laksanakanya sensus pertanian ini diharapkan pemerintah mampu meluhat dan menyusun rencana bagaimana mengoptimalkan lahan agar Indonesia tak lagi mengimpor bahan pangan dari luar negeri, selain bisa menguntungkan dan mengurangi beban APBN yang membengkak karena beban impor pangan yang terlalu berlebihan. Petani dan masyarakat bagaimana caranya agar melirik lagi agribisnis, selain itu kesejahteraan petani pun akan bisa terangkat karena data BPS akan membantu jika di analisis dan dicari solusinya dengan benar. Dengan sensus pertanian di harapkan mampu mengangkat ekonomi dan terus memanfaatkan lahan yang ada.  

3.    Sensus Ekonomi
Sensus ekonomi adalah cara pengumpulan data yang dilakukan melalui pencacahan seluruh usaha dan atau perusahaan non pertanian di wilayah Republik Indonesia untuk memperoleh karakteristik usaha dan atau perusahaan pada saat tertentu. Sensus ini di lakukan dengan tahun yang berakhiran angka 6. Sensus ekonomi mencacah ekonomi di indonesia selain pertanian. Ekonomi di indonesia sekarang ini mengalami tren naik yang lumayan baik dan mampu mengangkat derajat bangsa indonesia di kancah internasional. Akan tetapi menurut data BPS angka itu masih jauh dari ynag di harapkan karena perkiraan BPS lebih besar dari pada itu dan masih akan terus berjalan naik jika tak ada suatu hal yang membuat grafik tersebut jatuh. Sensus ekonomi ini sangat penting dalam merancang APBN sepuluh tahun kedepan. Ekonomi di indonesia umumnya belum di manfaatkan secra optimal. Dan perhatioan dari [pemerintah di pusat sangat kurang sehingga tak tahu bagaimana harus bertindak dan takut untuk gagal. Di sini sensus ekonomi sangat lah penting untuk mengkaji dan menganalisis ulang bagaimana pemerintah herus bertindak. Badan Pusat Statistik sangat mengharapkan pemerintah tanggap dan menanggapi data yang diberikan dan dianalisis dengan benar dan tak salah melakukan kebijakan yang tak berpihak untuk rakyat. Walaupun begitu sensus ekonomi ini tak akan membantu jika di biarkan menjadi data kosong yang tak ditanggapi dengan benar oleh pemerintah. Sensus ekonom mencatat berbagai kegiatan dan keadaan ekonomi di seluruh wilayah indonesia, jadi Badan Pusat Statistik mengetahui bagaimana keadaan indonesia yang sebenarnya, kesenjangan ekonomi pun sangat terlihat.

4.    Sensus Ternak Sapi
Sensus sapi adalah pengumpulan data keberadaan dan jumlah sapi dan kerbau di seluruh wilayah Republik Indonesia. Sensus ini merupakan rangkaian dari sensus pertanian namun dilakukan di waktu yang berbeda sensus Ternak ini mencacah ternak sapi dan ternak kerbau yang ada di indonesia. Mencatat bagaimana dari berat dan jenis sapi dan kerbau di indonesia. Survey mencatat bahwa indonesia sapi nya kulaitas menengah kebawahkarena kesalahan pemeliharaan sapi yang sama sekali tak efektif dan tak ada penyuluhan dari pemerintah pusat. Sensus Ternak Sapi ini sangat penting untuk melihat bagaimana ternak ternak ini dan  keadaan sebenarnya. Seperti data yang lain, data itu bisa di olah dan nanti akan bertemu solusi yang lebih baik dari sebelumnya, sensus ternak ini jangan di sepelekan karena kebutuhan daging di indonesia banyak dan pengusaha ternak sapi pun masih terus berfikir ulang untuk menggeluti usaha ini. Dengan sensus ternak diharapkan mampu memberi gambaran yang jealas tentang ternak sapi maupun kerbau

5.    Sensus Industri Penggilingan Padi
Sensus Industri Penggilingan Padi adalah pengumpulan data keberadaan, penyebaran, aktivitas dan karakteristik kegiatan penggilingan padi di wilsyah Republik Indonesia dalam waktu tertentu.


Survey adalah kegiatan pengambilan data yang di lakukan secara sampling untuk melihat secara khusus suatu pendataan untuk memperkirakan karakteristik suatu populasi pada saat tertentu. Survey biasanya adalah turunan dari sensus sensus pokok yang di lakukan oleh BPS dan biasnya survey dilakuakan agar bisa mengontrol perkembangan dari tahun ke tahun.
Beberapa contoh survey yang di laksanakan bps
1.    Sarkenas
Sarkenas atau survey angkatan kerja adalah pengumpulan data yang dilakukan melalui sampling untuk melihat berapa banyak jumlah angkatan kerja yang terdapat di Indonesia dan menghitung angkatan kerja yang masih produktif dan yang tidak produktif dalam jangka waktu tertentu. Dnegan dilakuklan sampling walau tak terlalu valid akan tetapi sudah mampu mewakili keadaan yang sebenarnya, sarkenas ini sangat penting di lakuakn karena bisa melihat berapa banyak angkatan kerja aktif maupun tak aktif yang ada di indonesia dan terus menerus mensosialisasikan angkatan kerja ini bisa menjadi angkatan kerja yang produktif, dengan SDM yang membaik di yakini bahwa kompetisi mencari pekerjaan pun semakin berat dari sebelumnya. Disinilah tugas pemerintah menganalisis data yang di beriakan oleh BPS agar dapat menemukan solusi yang bagus.

2.    Susenas
Susenas atau survey sosial ekonomi nasional adalah pengumpulan data yang dilakukan melalui sampling untuk mencari data berapa tingkat status seseorang di masyarakat dan status ekonomi di tingkat nasional.

3.    Survey penduduk antar sensus
Survey penduduk antar sensus adalah pengumpulan data secara sampling untuk menghitung jumlah penduduk di Indonesia, survey ini mirip sensus penduduk dan di laksanakan di tengah tengah waktu rentan sensus penduduk yaitu pada tahun yang berakhiran lima. Survey ini mirip sensus kependudukan yang dilakukan setiap tahun yang berakhiran 0, fungsinya pun sama tak jauh beda, mungkin ketepatan saja lah yang membedakan keduanya. Sensus penduduk lebih tepat dari pada survey penduduk antar sensus. Walaupun begitu survey ini penting karena untuk melihat secara abstrak pertumbuhan penduduk di Indonesia bisa melihat dan menganalisis di data ini, dengan survey ini diharapkan mampu menghadirkan dan memberi penjelasan dan rencana selanjutnya untuk memilih kebijakan mengenai masalah kependudukan

4.    Survey harga konsumen
Survey harga konsumen adalah pengumpulan sampling yang dilakukan untuk menghitung tingkat konsumeris di Indonesia dan perbandingannya di lakukan pada waktu tertentu.

2 comments: