Laman

Tuesday, November 6, 2012

Jikoshoukai (Perkenalan Diri)


Perkenalan Diri (Jikoshoukai, 自己紹介)
Hajimemashite, はじめまして = Senang bertemu Anda.
Watashi wa …. desu,
わたしはです = Saya (nama saya) adalah …
Douzo yoroshiku
どうぞよろしく= Mohon bimbingannya (arti harfiahnya = mohon kebaikan Anda)
Dalam Bahasa Jepang, Jikoshoukai biasanya ada 3 urutan yang umum diucapkan, seperti pada contoh di atas.
  1. Memulai perkenalan diri. Senang berkenalan dengan Anda. Nice to meet you (dlm bhs Inggris).
    • Hajimemashite, はじめまして.
  2. Memperkenalkan diri. Perkenalkan nama, kebangsaan, pekerjaan, dll atribut Anda.
    • Watashi wa … desu, わたしはです = Saya (nama saya) adalah …
    • Watashi no namae wa … desu, わたしの名前はです = Nama saya adalah …
    • Namae wa … desu, 名前はです = Nama (saya) adalah …
    • Watashi wa … to moushimasu, わたしはと申します = Saya dipanggil (nama saya) … <– jauh lebih sopan/ menghormat.
  3. Mohon bombingannya.
    • Yoroshiku, よろしく
    • Douzo yoroshiku, どうぞよろしく
    • Douzo yoroshiku onegai shimasu, どうぞよろしくおねがいします <– paling sopan.
Pada bagian (2) memperkenalkan atribut diri, bisa dikembangkan misalnya :
Watashi wa Indoneshia no Andi desu, わたしはインドネシアのアンディーです = Saya Andi yang berkebangsaan Indonesia.
Watashi wa Indoneshia jin desu, わたしはインドネシアじんです = Saya orang Indonesia.
Watashi wa Indoneshia kara kimashita, わたしはインドネシアからきました = Saya datang dari Indonesia.
Watashi wa sensei desu, わたしはせんせいです = Saya adalah guru.
Jika perkenalan diri sudah selesai, maka pihak lawan bicara akan menjawab :
Kochira koso yoroshiku onegai shimasu, こちらこそよろしくおねがいします = Saya juga mohon bimbingan Anda.
Contoh Percakapan :
Misalnya, Andi, seorang mahasiswa dari Indonesia datang ke Jepang, kemudian memperkenalkan diri kepada Tn Nakata.
Tn. Andi : Hajimemashite. Watashi wa Andi to moushimasu. Indoneshia kara kimashita. Watashi wa gakusei desu. Douzo yoroshiku onegai shimasu.
Tn. Nakata : Kochira koso yoroshiku onegai shimasu.
Kosa Kata Baru :
Na-ma-e, 名前 = nama
Sen-sei, せんせい = guru
Ga-ku-sei, がくせい = mahasiswa
Ka-i-sya-in, かいしゃいん = karyawan
Kei-sa-tsu-kan, けいさつかん = polisi
I-sya, いしゃ = dokter
Kan-go-fu, かんごふ = perawat
Hi-syo, ひしょ = sekretaris
In-do-ne-shi-a, インドネシア = Indonesia
A-me-ri-ka, アメリカ = Amerika (Serikat)
Me-ki-shi-ko, メキシコ = Meksiko
Fu-ran-su, フランス = Perancis
I-gi-ri-su, イギリス = Inggris
Oo-su-to-ra-ri-a, -ストラリア = Australia
お誕生日おめでとうございます
Otanjoubi omedetou gozaimas
Selamat ulang tahun

結婚おめでとうございます
Kekkon omedetou gozaimas
Selamat menikah

明けましておめでとうございます
Akemashite omedetou gozaimas
Selamat tahun baru

お早うございます
Ohayou gozaimas
Selamat pagi

こんにちは
Konnichiwa
Selamat siang

こんばんは
Konbanwa
Selamat sore/ malam

お休みなさい
Oyasuminasai
Selamat malam (arti harfiahnya : selamat beristirahat)

さようなら
Sayounara
Selamat tinggal


2 comments: