Laman

Friday, September 23, 2011

SILSILAH KELUARGA KUCING


Semua kucing termasuk dalam satu keluarga yaitu keluarga “felis” atau keluarga kucing. Kucing, macan, macan tutul, dan singa termasuk dalam keluarga tersebut.

Anak kucing senang bermain, demikian juga dengan anak singa dan anak macan, akan tetapi kalau sudah besar mereka sangat galak.

Tubuh kucing ramping, dan otot-otot kaki belakangnya sangat kuat. Kukunya tajam dan runcing, kalau mau memanjat pohon, atau berkelahi, mereka akan mengeluarkan kukunya. Semua kucing adalah pemakan daging, dan mereka mempunyai gigi yang kuat lagi tajam.


Kalau sedang marah, kucing mengibas-ngibaskan ekornya. Jenis kucing yang besar mengaum, jenis yang kecil mengeong. Tetapi kalau merasa senang, mereka tidur mendengkur.

Kucing senang menggerak-gerakkan daun telinganya, kalau mendengar sesuatu, mereka akan menggerak-gerakkan telinganya, kalau tidur daun telinga terkulai.

Mata kucing berbeda dengan mata manusia. Anak mata manusia berbentuk bulat, mata kucing mempunyai celah. Celah itu menyempit kalau terkena cahaya terang. Kucing dapat melihat dalam gelap. Matanya bersinar, dan celah yang ada jadi membesar (hitamnya membesar).

Kumis kucing juga membantu melihat dalam gelap.

Kucing ada yang hidup dirumah sebagai hewan piaraan, ada juga yang hidup di hutan, dan menjadi pemburu yang tangkas, mereka biasa makan burung dan hewan kecil lainnya.

MACAN TUTUL, CHEETAH DAN SINGA

Macan tutul juga hewan pemburu yang handal, mereka bisa merangkak tanpa bersuara. Kulitnya bertutul-tutul dan jika merangkak diantara padang rumput, sukar sekali dikenali mangsanya. Ia selalu berjalan melawan arah angin, orlah karena itu mangsa yang diburunya tidak mencium bau badannya.

Cheetah dapat lari lebih cepat dibanding semua hewan lainnya. Ia termasuk pemburu yang paling ulung.


Cheetah mempunyai ekor yang panjang yang digunakan untuk menjaga keseimbangan. Cheetah dan singa suka beristirahat diatas pohon untuk berteduh dan menghidari terik matahari.Mereka pandai terjun dari atas pohon dengan posisi kaki dibawah.

Kucing piaraan ada 36 jenis. Kucing Siam biasa dipiara keluarga kerajaan dari Siam, Kucing Persia berbulu lebat, bulu itu untuk melindungi angin gunung di Persia. Kucing Birma termasuk keluarga kucim siam, bulunya hitam. Kucing Manx berasal dari Pulau Manx. Jenis kucing ini tidak berekor.


Linx adalah sejenis kucing yang berbulu lebat dan bertelinga panjang. Mereka hidup di Amerika Utara dan Eropa.

Harimau adalah kucing yang paling besar dan paling kuat. Bulunya belang-belang. Ada jenis harimau yang suka makan manusia.

Ada juga jenis kucing buas, namanya Bob Cat, mirip dengan Linx. Mangsanya adalah kelinci, burung, dan hewan kecil.

Jaguar termasuk jenis kucing yang paling besar di Amerika. Mirip macan tutul tetapi kurang pandai memanjat.

Ini gambar kucing zaman dulu. Hidup waktu Zaman Es. Namanya macan bertaring panjang. Macan bertaring panjang sangat buas, menyerang musuh-musuhnya dengan taring-taringnya yang panjang. Manusia purba memburunya dengan tombak dan panah.

Berabad-abad lalu manusia takut dengan kucing hitam, yang dianggap pembawa sial, tetapi sekarang kucing hitam malah dianggap sebagai pembawa keberuntungan

No comments:

Post a Comment