TEORI KONSUMSI
Pengeluaran konsumsi terdiri atas konsumsi pemerintah dan konsumsi rumah
tangga. Untuk saat ini yang akan dibahas hanya konsumsi rumah tangga karena :
Ø
Pengeluaran konsumsi rumah tangga memiliki
porsi terbesar dalam total pengeluaran agregat
Ø
Konsumsi rumah tangga bersifat endogenus,
artinya besarnya konsumsi rumah tangga berkaitan erat dengan faktor – faktor
lain yang dianggap mempengaruhinya.
Teori Keynes (Keynesia Consumption Model)
a. Hubungan Pendapatan Disposabel dan Konsumsi
Menurut Keynes, ada batas konsumsi minimal yang tidak tergantung tingkat
pendapatan. Artinya, tingkat konsumsi tersebut harus dipenuhi,walaupun tingkat
pendapatan sama dengan nol. Itulah yang disebut dengan konsumsi otonomus.
C ; Co + b Yd
Dimana :
C : konsumsi
Co : konsumsi otonomus
b : marginal propensity to
consume (MPC)
Yd : pendapatan disposable
0 ≤ b ≤ 1
b. Kecenderungan Mengonsumsi Marjinal (Marginal Prospensity to Consume)
MPC adalah konsep yang memberikan gambaran tentang beberapa konsumsi
akan bertambah bila pendapatan disposable bertambah satu unit.
MPC =
c. Kecenderungan Mengonsumsi Rata – rata (Average Propensity to Consume)
APC adalah rasio antara konsumsi total dengan pendapatan disposable
total.
APC =
d. Hubungan Konsumsi dan Tabungan
Pendapatan disposable yang diterima rumah tangga sebagian besar
digunakan untuk konsumsi,sedangkan sisanya untuk ditabung.Dengan demikian kita
dapat menyatakan :
Yd : C + S
1 : APC + APC
Faktor – faktor yang Mempengaruhi Tingkat Konsumsi
v
Faktor – faktor Ekonomi
Empat faktor ekonomi yang menentukan tingkat konsumsi adalah :
1) Pendapatan rumah tangga
2) Kekayaan rumah tangga
3) Jumlah barang – barang konsumsi tahan lama dalam masyarakat
4) Tingkat bunga
5) Perkiraan tentang masa depan
6) Kebijakan pemerintah mengurangi ketimpangan distribusi pendapatan
v
Faktor – faktor Demografi
Yang tercakup dalam faktor – faktor kependudukan adalah :
1) Jumlah penduduk
2) Komposisi Penduduk
v
Faktor – faktor Non-Ekonomi
Faktor – faktor nonekonomi yang paling berpengaruh terhadap konsumsi
adalah faktor social-budaya masyarakat.
isi dari blog ini sangat cocok dengan desainnya. thanks
ReplyDeletemakasih
ReplyDelete