Laman

Friday, April 29, 2011

PROSES KERJA TI

A. PROSES KERJA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Teknologi informasi (Information Technology) biasa disebut TI, IT atau infotech. Menurut Haag dan Keen, 1996, teknologi informasi merupakan seperangkat alat yang membantu manusia bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi,
Menurut Martin, 1999, teknologi informasi tidak hanya terbatas pada tekologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melaikan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
Menurut Williams dan Sawyer 2003, teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
Dari definisi diatas bahwa teknologi informasi tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi, dengan kata lain bahwa teknologi komunikasi merupakan gabungan antara teknologi komputer dengan tenologi telekomunikasi.

Teknologi Komputer
Teknologi Komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer, misalnya printer, pembaca sidik jari, CD-ROM,
Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi. Program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer, sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.
Data adalah bahan mentah bagi informasi yang dapat berupa angka, huruf maupun gambar suara, sedangkan informasi adalah bentuk data yang diolah sehingga dapat menjadi bahan yang berguna untuk pengambil keputusan.

Teknologi Komunikasi
Teknologi telekomunikasi atau sering disebut teknologi komunikasi merupakan teknologi yang berhubugan dengan komunikasi jarak jauh, seperti telepon, radio dan televisi
Teknologi informasi tidak harus secara spesifik berupa komputer yang terhubung ke komputer lain melaluai alat telekomunikasi, tetapi juga dapat berupa peranti seperti ponsel ataupun berupa peralatan elektronika lain yang berhubungan dengan penyajian informasi (misalnya telivisi).
Hal yang terpenting adalah bahwa teknolgi informasi itu melibatkan komputer dan telekomunikasi.
Yang dimaksud dengan sistem teknologi informasi adalah sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Suatu system teknologi informasi pada dasarnya tidak hanya mencakup hal-hal yang bersifat fisik seperti kopumter, printer tetapi juga mencakup hal yang tidak terlihat secara fisik yaitu: software dan yang lebih penting adalah orang.

1. System Komputer
Tujuan pokok dari sistem komputer atau system teknologi inforamasi adalah mengolah data untuk menghasilkan suatu informasi. Agar tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari system komputer adalah software, hardware dan brainware,
§ Hardware (perangkat keras) merupakan peralatan di system komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
§ Software (perangkat lunak) merupakan program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data
§ Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. Ketiga elemen tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan untuk menghasilkan informasi. Apabila hardware tanpa adanya software maka tidak akan berfungsi untuk menghasilkan informasi, begitu juga hardware yang sudah ada softwarenya tetapi tidak ada brainwarenya (user) maka tidak akan menghasilkan informasi yang diharapkan.
Dalam pemrosesan pengolahan data terdiri dari 3 tahap dasar, yang lebih dikenal dengan siklus pengolahan data (data processing cycle) yaitu input, processing dan output.

INPUT PROCESSING OUTPUT

§ Input, merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input (input device)
§ Processing, merupakan proses pengolahan data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh pemroses (Processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalkan dan sebagainya.
§ Output, merupakan proses menghaslkan output dari hasil pengolahan data kea lat output (output device) yaitu berupa informasi
Dalam proses kerja komputer sangat menakjubkan adalah kecepatannya, komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan, pernambahan atau pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam satuan millesecond, microsecond, nanosecond atau picosecond. komputer yang paling cepat dapat melakukan operasi dalam waktu picosecond.
Misalnya manusia dalam melakukan suatu perhitungan pertambahan dalam waktu 1 detik, bila kecepatan komputer adalah picosecond, 1 detik operasi pertambahan yang dilakukan komputer akan diselesaikan oleh manusia dalam waktu 1 trilyun detik atau 31709 tahun
Kemampuan komputer yang lain adalah ketepatanya, kalau manusia lelah maka mentalnya akan luluh (mental fatique) yang akan berakibat kecenderungan untuk melakukan kesalahan, misalnya manusia melakukan perhitungan 1000 kali tanpa henti, kalau dilakukan terus-menerus tanpa henti maka akan sering melakukan kesalahan, sebaliknya pada komputer, karena tidak mempunyai mintal dan tidak mengenal lelah, maka komputer tidak akan mengalami kesalahan.
Komputer akan mengalami kesalahan apabila ;
Komponennya rusak
Data yang dimasukkkan salah, maka hasilnya akan salah
disamping komputer mempunyai kecepatan dan ketepantan dalam beropersi, juga kemampuan lain yaitu mempunyai ingatan (memory) yang besar.
Walaupaun kelihatannya komputer lebih unggul dari manusia tetapi ada beberapa hal yang tidak bisa menyamai manusia, manusia mempunyai inisiatif dan dapat beradaptasi dengan situasi tertentu. Sedangkan komputer tidak dapat melakukan hal tersebut, juga yang lain menusia mempunyai perasaan sedangkan komputer tidak mempunyai perasaan.

2. Peranan Teknologi Informasi
Peranan teknologi informasi pada masa sekarang tidak hanya dipergunakan bagi organisasi, melaikan juga untuk kebutuhan perorangan. Bagi organisasi teknologi informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif, sedangkan bagi perorangan, teknologi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan pribadi, termasuk mencari pekerjaan.
Teknologi informasi bisa dikatakan telah merasuki kesegala bidang, ke berbagai lapisan masyarakat. Pada masa sekarang ponsel dengan kemampuan mengambil inforamsi dari internet telah menjadi barang yang biasa dipakai orang untuk berkomunikasi, yang menjadikan jarak seperti tak terasa.


B. FUNGSI DAN CARA KERJA JARINGAN TELEKOMONIKASI

Dewasa ini komputer tunggal telah digantikan dengan komputer jaringan agar bisa menjalankan banyak tugas. Penggunaan beberapa komputer yang dihubungkan oleh jaringan komunikasi untuk pemrosesan disebut pemrosesan terdistribusi. Kebalikannya pemrosesan terpusat adalah pemrosesan yang dijalankan oleh sutu omputer besar. Pada pemrosesan terdistribusi, tugas-tugas pemrosesan terbagi atau didistribusikan kepada PC, komputer menengah, mainframe yang saling terhubung.
Satu bentuk pemrosesan terdistribusi yang banyak digunakan adalah komputasi klien/server. Komputasi klien/server ada pada jaringan, namun masing-masing mesin diarahkan untuk menjalankan fungsi yang paling sesuai untuknya. Klien menjalankan fungsi poin-masukan dari pengguna, dan biasanya merupakan komuter kecil, workstation atau laptop. Pengguna berinteraksi secara langsung hanya pada bagian klien dari aplikasi yaitu meng-input data atau mengambil data untuk dianalisis. Server menyediakan jasa bagi klien. Server bisa berupa komputer mainframe atau komputer menengah, namun biasanya berfungsi khusus untuk menyimpan dan mengolah data, serta berfungsi back-end yang tidak bisa dilihat oleh pengguna seperti mengelola aktivitas jaringan.
Jaringan komputer (computer network) atau sering disebut jaringan merupakan hubungan dua buah simpul (umunya berupa kompuer) atau lebih, yang ditujukan untuk melakukan pertukaran data atau untuk melakukan bagi pakai perangkat lunak, perangkat keras dan bahkan berbagi kekuatan pemrosesan.
Berikut ini mafaat pengunaan jaringan komputer adalah ::

Berbagi perangkat keras
Perangkat keras semacam hard disk, printer, CD-ROM drive dan bahkan modem dapat digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Piranti cukup di pasang pada sebuah komputer atau yang dihubungkan ke suatu peralatan khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya, cara seperti ini dapat menghemat biaya.
Berbagi program dan data
Program atau data dapat disimpan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai server (melayani komputer-komputer yang membutuhkan informasi, baik program atau data). penempatan data pada server juga memberikan keuntungan yaitu dapat menghidari duplikasi data dan ketidak konsistenan, data disimpan secara terpusat pada sebuah komputer bukan pada komputer pemakai sehingga tidak terjadi duplikasi data, apabila ada perubahan data oleh seseorang maka akan segera diketahui oleh orang lain
Mendukung kecepatan berkomunikasi
Dengan adanya jaringan komunikasi informasi dapat dilakukan lebih cepat, para pemakai kumputer dapat bertukar atau mengirim informasi dengan mudah dan bahkan dapat mengirim tulisan secara langsung (chating) ataupun telekonferensi.
Memudahkan pengaksesan informsi
Dengan jaringan komputer memudahkan dalam mengases program, data atau informasi yang ada pada server.

Dilihat dari teknologi yang digunakan dan luas area geografis yang dicakupnya, secara umum jaringan komputer dapat digolongkan menjadi beberapa macam, diantaranya :

LAN (Locan Area Network)
LAN merupakan jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung, perkantoran yang berukuran beberapa kilometer, LAN sering kali untuk digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi atau workstation dalam kantor suatu perusahaan untuk memakai secara bersama sumberdaya (resoude, misalnya printer) dan saling bertukar informasi
LAN merupakan system jaringan komputer untk menjalin komunikasi data antara satu komputer dengan banyak komputer yang dihubungkan paling sedikit dengan satu server sebagai pengatur jalanya lalulintas komunikasi data dalam jaringan.

MAN (Metropolitan Area Network)
MAN pada dasarnya merupakan versi dari LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN
MAN dapat mencakup beberapa kantor yang letaknya bedekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum, MAN juga mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhungan dengan jaringan telivisi kabel.
WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan jaringan komputer yang mecakup area yang sangat luas dari segi geografis, wan dapat mencakup sebuah Negara atau benua, Wan ini terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang betujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang sangat besar yang dapat mencakup seluruh dunia, internet adalah jaringan komputer independent yang dihubungkan satu dengan yang lainnya, jaringan ini dapat terdiri dari lembaga-lembaga pendidikan, pemerintahan, perusahaan dan lainya.

No comments:

Post a Comment