Laman

Monday, April 16, 2012

Tonton Film Tragis Bikin Hubungan Lebih Baik


Cerita menyedihkan dalam film-film bernuansa cinta ternyata membuat Anda berpikir tentang hubungan pribadi. Efeknya, Anda bisa lebih memandang positif dan lebih perhatian pada hubungan yang sedang dijalani. Hal ini menurut penelitian yang dilakukan tim dari Ohio State University,Amerika Serikat.

Hal yang menarik adalah, Anda sebagai penonton mengalami semacam melibatkan diri film. Misalnya beranggapan "hidup saya jauh lebih baik daripada karakter dalam film tersebut". Menurut Silvia Knobloch-Westerwick, kepala peneliti, suasana hati yang negatif bisa membuat seseorang melakukan introspeksi. 

"Sedangkan, emosi positif umumnya sinyal bahwa semuanya dalam keadaan baik, Anda pun tak memiliki kekhawatiran, sehingga tak merasa harus berpikir tentang masalah dalam hidup," kata Knobloch-Westerwick, dikutip dari Glamour.com.
Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis perasaan 361 mahasiswa setelah menonton film Atonement. Mereka diminta untuk memberikan peringkat kebahagiaan, sebelum dan sesudah menonton film. Film tersebut bercerita tentang tragedi cinta bernuansa romantis dengan latar belakang perang. 

Hasilnya, sebagian besar mahasiswa mengungkap kalau mereka lebih mengapresiasi hubungan yang sedang dijalani. Termasuk, melakukan refleksi dan introspeksi diri.

No comments:

Post a Comment